HAK CIPTA KAMARADANU,DILARANG KERAS MEMBUKUKAN SETIAP KARYA/ PUISI ATAU TULISAN DARI BLOG INI TANPA IJIN KAMARADANU KAMAHEMAN

Total Tayangan Halaman

Senin, 30 Mei 2011

Kamakisah " EVALUASI DIRI " oleh Yuni Romadona Heraeni



Setiap habis sholat, ambillah wkt sejenak untuk evaluasi diri…
tentang :

1. Kepala kita !
Apakah sudah kita tunduk & sujudkan dgn segenap kepasrahan seorang hamba di hadapan Yg Maha Perkasa, atau ia tetap tengadah dlm keangkuhan karena m'hamba kpd selain-Nya?

2. Mata kita !
Apakah ia sudah kita gunakan menatap keindahan & keagungan ciptaan Yang Maha Kuasa, atau hanya melihat pemandangan & kemaksiatan yg dilarang? 
 

3. Telinga Kita !
Apakah sdh digunakan utk m'dengar suara adzan, bacaan Al Qur’an, seruan kebaikan, atau hanya untuk suara2 yg sia2 tanpa makna?

4. Hidung Kita !
Apakah sudah kita gunakan untuk m'cium sajadah yg terhampar di tempat sholat, m'cium anak2 t'cinta serta m'cium kepala anak2 yatim piatu yg sgt kehilangan & sgt m'damba cinta bunda & ayahnya?

5. Mulut kita !
Apakah sudah kita gunakan utk kebenaran & kebaikan, nasehat2 b'manfaat, kata2 b'makna atau hanya utk kata2 yg berbisa & membuahkan penyakit lisan: gibah, fitnah, adu domba, dusta bahkan menyakiti hati sesama?

6. Tangan Kita !
Apakah sudah kita gunakan untuk sedekah kepada dhuafa, m'bantu sesama yg kena musibah, butuh bantuan & m'cipta karya yg b'guna atau hanya untuk m'curi, korupsi, m'zalimi serta mrampas hak & harta org yg tak b'daya?

7. Kaki Kita !
Apakah sdh kita gunakan utk melangkah ke tempat ibadah, ke tempat menuntut ilmu b'manfaat, ke tempat2 pengajian yang kian m'dekatkan kepada Allah Yangg Maha Rahman atau hanya utk melangkah ke tempat maksiat & kejahatan?

8. Dada Kita !
Apakah didalamnya t'simpan perasaan yg lapang, sabar, tawakal & keikhlasan serta rasa syukur kpd Allah Yg Maha Bijaksana, atau di dlmnya t'tanam ladang jiwa yg tumbuh subur daun2 takabur, biji2 bakhil, benih iri & dengki serta pepohonan b'buah riya?

9. Perut kita!
Apakah didalamnya diisi oleh makanan yg atau diperoleh dgn cara yg halal sehingga terasa nikmat & barokah. Atau hanya diisi makanan yang tidak halal, dgn segala ketamakan & kerakusan kita?

10. Diri kita !
Apakah kita sering tafakur, tadabur, & selalu b'syukur atas karunia dari Allah Yg Serba Maha
Editor : Kamaradanu Kamaheman pada 30 Mei 2011 di Jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut